KELAS LEGISLATIF SEMA FST UIN JAKARTA

Kelas Legislatif,
SEMA FST UIN Jakarta

FST UIN Jakarta – SEMA Fakultas Sains dan Teknologi mengadakan acara Kelas Legislatif. Kelas Legislatif adalah acara yang diangkat oleh Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Sains dan Teknologi di bawah program kerja Komisi Hukum. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan hukum, pedoman, dan aturan yang berlaku bagi kalangan organisasi kemahasiswaan Fakultas Sains dan Teknologi. Kelas Legislatif ini membahas tiga topik, yaitu materi legislatif, materi teknik persidangan, dan materi legal drafting.

Materi pertama yang disampaikan pada acara Kelas Legislatif adalah materi legislatif. Pada materi legislatif diisi oleh Khaidir Musa, S.H., alumni UIN Jakarta yang pernah menjadi Sekretaris Jenderal FL2MI Jabodetabek pada tahun 2017. Materi legislatif ini membahas tentang pengertian legislatif, lembaga-lembaga legislatif, dan fungsi legislatif. Lalu materi kedua adalah materi teknik persidangan. Pada materi teknik persidangan diisi oleh Ade Syamsul Falah, S.H., alumni UIN Jakarta yang pernah menjadi Ketua Umum FORSILA BPC Jakarta Raya pada tahun 2016.

Materi teknik persidangan ini membahas tentang bagaimana tata cara persidangan yang baik dan benar. Lalu materi terakhir yaitu Legal Drafting disampaikan oleh Alan Noviandi, S.H., alumni UIN Jakarta yang merupakan pendiri Forum Kajian Hukum CLC. Materi Legal Drafting ini membahas tentang bagaimana struktur penullisan dalam aturan-aturan atau undang-undang.

Acara ini dihadiri oleh delegasi dari setiap himpunan dan perwakilan dari DEMA FST dan SEMA UIN Jakarta. Kelas Legislatif dihadiri kurang lebih 80 peserta. Acara ini diharapkan untuk peserta agar lebih mengenal salah satu organisasi yang bergerak di bidang legislatif, yaitu SEMA dan lebih mengetahui tentang tata cara legislatif yang baik dan benar.

You may also like...